Minggu ini Guru Mulai Divaksin, Lima Sekolah Siap Ujicoba PTM

  • Whatsapp
Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono divaksin dosis kedua, Senin (8/2/2021). HESTEK.ID/Instagram @sadewo.id

PURWOKERTO, hestek.id – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah direncanakan akan dimulai Juli mendatang, tergantung kesiapan setiap daerah. Untuk Kabupaten Banyumas, Dinas Pendidikan (Dindik) melakukan verifikasi dan mempersiapkan vaksinasi bagi guru.

“Berdasar hasil verifikasi permohonan ijin PTM, pada dasarnya sudah ada sebagian sekolah yang dinyatakan siap melakukan PTM, tentu dengan menajalankan protokol kesehatan,” kata Kepala Dindik Banyumas, Irawati, Senin (22/03/2021).

Bacaan Lainnya

Dari keseluruhan SD dan SMP yang ada di Banyumas ada sekira 60-70 sekolah yang mengajukan permohonan ijin PTM, dan sudah diverifikasi. Namun, perlu ada ujicoba terlebih dahulu.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas, Irawati. HESTEK/Gilang Grahita

“Kalau dari surat edaran Gubernur mintanya ujicoba sudah bisa mulai per 6 April. Di Banyumas belum tau kapan pastinya, sekarang difokuskan untuk persiapan dan menunggu vaksinasi selesai,” katanya.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Ia mendorong sekolah untuk bersiap diri menyiapkan infrastruktur yang dipersyaratkan dalam pembukaan PTM. Serta memberikan pemahaman kepada warga sekolah dengan mensosialisasikan terkait Covid-19.

Dindik, kata dia, sudah menyerahkan data guru ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas yang akan divaksin. Untuk Banyumas, ada sekira 11 guru yang rencananya akan menerima vaksin.

“Detail vaksinasi yang tahu Dinkes, yang jelas kita sudah menyerahkan datanya ke Dinkes. Kurang lebih 11 ribu untuk sekolah negeri dan swasta,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Banyumas, Sadiyanto. HESTEK/Dedy

Kepala Dinkes Banyumas, Sadiyanto mengatakan, ketersediaan jumlah vaksin yang diterima Banyumas masih sangat terbatas. Tidak hanya bagi guru, pihaknya juga tengah melakukan vaksinasi untuk lansia dan calon haji serta pelayan publik.

“Mungkin baru minggu ini baru kita mulai untuk vaksin. Tetapi karena keterbatasan stok, maka vaksinasi baru akan dilakukan untuk sekolah yang akan melaksanakan ujicoba PTM,” katanya.

Dindik, telah mengajukan ada 5 sekolah yang akan melakukan ujicoba PTM. Sedangkan untuk jumlah vaksin ada sekira 250 dosis yang dipersiapkan untuk tenaga pendidik dan administrasi dari lima sekolah tersebut. (Anas Masruri)

Pos terkait