POLANDIA, HESTEK.id – Pemain andalan tim nasional Egy Maulana Vikri akhirnya mendapatkan karirnya di klub Eropa. Klub yang berhasil mendapatkan tandatangannya adalah Klub asal Polandia, Lechia Gdansk. Kesepakatan tersebut dicapai setelah Egy mendapatkan jaminan akan bermain di tim utama.

Sebelumnya, beberapa media mengungkapkan jika Egy Maulana Vikri akan bergabung dengan klub Perancis. Salah satu yang memberitakan hal ini adalah FoxSportsAsia yang menyebut jika Egy tengah trial bersama klub elite Ligue 1 Prancis, AS Saint-Etienne.

Klub Portugal lainnya, Legia Warsawa juga sempat diberitakan akan menjadi klub Egy Maulana Vikri.

Klub lain yang juga santer diberitakan terkait dengan Egy Maulana Vikri adalah Klub mapan Eropa asal Portugal, Benfica. Sayangnya, klub-klub ini hanya menawarkan trial, sedangkan Egy Maulana Vikri sangat menginginkan bermain di tim utama dan mendapat kontrak langsung.

Bukan hal mudah tanggung jawab Egy Maulana Vikri di tim Lechia Gdansk. Maklum, walau bermain di divisi teratas Polandia, Ekstraklasa tetapi klubnya tersebut terancam degradasi.

Lechia Gdansk hanya berada di posisi 12 dari 16 klub. Padahal sesuai aturan Liga Polandia, tim yang berada di peringkat 9-12 harus menjalani kualifikasi agar tak terdepak ke divisi dua.

Mengenal Klub Polandia Lechia Gdansk

Lechia Gdansk berdiri pada tahun 1945. Klub ini mulai bertarung kembali di divisi utama pada tahun 2008 lalu. Di musim lalu, sebenarnya prestasinya cukup baik karena berada di peringkat keempat.

Lechia Gdansk bermarkas di kota Gndansk Polandia yang merupakan kota pelabuhan. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di PGE Arena Gdańsk yang berkapasitas 43.615 penonton dan menjadi salah satu stadion terbesar di Polandia.

Nama Lechia Gdansk merupakan nama baru yang disematkan pada klub ini pada tahun 2009 lalu. Sebelumnya klub ini pernah berganti-ganti nama dimulai dari Baltia Gdansk, lalu Klub Sportowy Lechia Gdańsk hingga kemudian Ośrodek Szkolenia Piłkarskiego Lechia Gdańsk di tahun 2001 sebelum akhirnya memiliki nama Lechia Gdańsk (S.A.)

Baca Juga : Randy Jovanni : Pemain Bola Remaja Indonesia Di Klub Eropa Almere City

Walau tidak pernah menjuarai Liga Polandia, tetapi Gdansk pernah duduk di peringkat ketiga pada tahun 1956.
Dalam catatan Wikipedia.com Gdanks mencapai masa keemasannya di tahun 1983 saat berhasil meraih gelar juara di ajang Polish Cup. Prestasi berlanjut, setelah pada tahun yang sama menjuarai Polish Super Cup.

Lechia Gdanks telah terbiasa dengan pemain Asia sebutlah misalnya Tsubasa Nishi (2014-2016) dan Daisuke Matsu (2013).

Di klub Gdansk, Egy Maulana Vikri akan bermain bersama mantan pemain Juventus Milos Krasic.