Nunggak Tagihan Januari, Listrik di Kantor Pemkab Kebumen Diputus PLN

  • Whatsapp
Komplek perkantoran Pemkab Kebumen, gelap gulita karena aliran listrik dioutus sementara oleh PLN akibat belum membayar tagihan, Sabtu-Minggu (31-31/1/2021). HESTEK/Istimewa

KEBUMEN, hestek.id – Karena menunggak pembayaran tagihan, PLN Kebumen memutus aliran listrik di lingkungan kantor Pemerintah Kabupaten Kebumen, Sabtu-Minggu (30-31/1/2021) lalu.

Manager PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kebumen Teguh Suprabowo menceritakan, pemutusan dilakukan karena pemkab belum juga melakukan pembayaran tagihan hingga jatuh tempo. Padahal, seharusnya pembayaran dilakukan secara periodik per tanggal 20 setiap bulannya.

Bacaan Lainnya

“Sekarang sudah dinyalakan lagi. Secara aturan kalau melewati batas waktu sampai tanggal 20 belum bayar, maka PLN bakal memutus sementara sampai terbayar,” ujarnya.

Teguh menyebutkan, ada beberapa OPD yang saat itu terkendala pembayaran tagihan. Di antaranya Bappenda, DPU-PR, Disperkim LH, DPMPTSP, Disarpus, serta Dislutkan Kebumen.

“Tidak semua sih, yang sudah bayar hari Jumat kemarin Bappeda. Kemudian yang aliran listriknya diputus sementara itu, mungkin mau bayar Sabtu-Minggu tapi pas hari libur,” kata Teguh.

Diakui Teguh, sebelumnya juga sempat terjadi di awal tahun. Ia memprediksi, hal itu karena permasalah sistem pembayaran yang tersedia.

“Tidak setiap tahun, 2019 pernah ada keterlambatan sampai tanggal 25. Mungkin sistem dari pusat ada kendala, setahu saya itu sistem baru,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz mengungkapkan, pemutusan aliran listrik di lingkungan Pemkab Kebumen bukan karena tak mampu membayar. Melainkan adanya penyesuaian sistem keuangan yang berdampak pada pembayaran tagihan listrik.

“Keterlambatan pembayaran karena ada sistem keuangan yang perlu disesuaikan,” katanya. (M Hafied)

Pos terkait