INGGRIS, HESTEK.id – Anda tidak perlu tahu atau bahkan memiliki bitcoin untuk menikmati film garapan Tran Ham, Bitcoin Hest. Di sana ada aksi pencucian uang, peretasan serta aksi perampokan terencana layaknya menonton Ocean Eleven’s atau Now You See Me yang memanjakan mata.

Film produksi 2016 ini menceritakan bagaimana kerentanan uang virtual serta jenis kejahatan baru dapat terjadi tahun – tahun kedepan.

Tapi yang harus Anda tahu adalah bagaimana kejadian ini benar terjadi pada senin, 29 Januari kemarin. Di rumah Danny Aston di desa Moulsford, Sotuh Oxfordshire, Inggris, kawanan perampok memaksa Aston mentransfer sejumlah bitcoin ke wallet mereka.

Amy Jay, pasangan Aston diikat sedangkan bayi mereka di biarkan pada keretanya di halaman rumah mereka. Aston sendiri, dilansir dari Dailymail, karena todongan senjata mengikuti kemauan 4 kawanan perampok tersebut. Mereka teridentifikasi adalah tiga orang kulit hitam dan satu kulit putih dengan seragam olahraga yang dikenakannya.

Masyarakat setempat menyebutnya kejadian yang menggegerkan, selain kawasan tersebut terkenal tenang juga karena jenis perampokan bitcoin ini.

“Investigasi ini pada tahap awal, namun pertanyaan awal menunjukkan bahwa ini mungkin merupakan insiden yang terencana,” terang otoritas setempat.

Danny Aston sendiri pada Juni 2017, mendirikan perusahaan mata uang digitalnya, sebelum lonjakan nilai terbesar Bitcoin.

Aston dan Jay terdaftar sebagai direktur perusahaan Aston Digital Currencies dan perusahaan Butler Hosting. Sampai berita ini diturunkan, kepastian jumlah bitcoin yang di rampok tersebut belum ada.

Di Indonesia, pada tahun 2015 lalu, seorang pemuda 29 tahun Leopard Wisnu Kumala mengancam akan meledakkan bom ke sebuah mall ternama di Tangerang. Ia meminta tebusan 100 bitcoin agar dirinya membatalkan aksi tersebut. Aksi Wisnu tersebut akhirnya berhasil digagalkan, walau pengelola mall sempat mengirimkan bitcoin senilai 0,25 bitcoin.

Bitcoin adalah mata uang virtual yang sedang di gandrungi berbagai kalangan. Penggunaan uang virtual ini menggunakan sistem peer to peer di mana pemiliknya diklaim sulit terdeteksi oleh otoritas keuangan terkait.

Bitcoin pertama kali di kenalkan oleh Satoshi Nakamoto tahun 2009. BTC inisial coin ini, sekarang jatuh di harga 134 juta rupiah di vip bitcoin indonesia. (Riadi Mappahata)