MAKASSAR, HESTEK.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar siagakan 50 orang relawan untuk diberangkatkan ke Lokasi Dampak Gempa dan Tsunami Palu serta Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu (29/9).

Sebagai tahap awal, sebanyak 12 Relawan PMI pada hari ini oleh PMI Kota Makassar dengan menggunakan 1 Unit Armada Ambulance, sekaligus mengawal pengiriman 1 Unit Armada Mobil Hyglun dengan dukungan dari PMI Pusat melalui Gudang Regional PMI di Makassar.

Relawan yang di berangkatkan pada tahap awal ini memiliki Spesialis di Bidang Assesment & Pendataan, Perawat, Pertolongan Pertama & Evakuasi, Shalter serta Posko.

PMI Kota Makassar juga menyiagakan Personil Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Makassar untuk mengantisipasi Permintaan Darah dari PMI Provinsi Sulawesi Tengah, dan juga menyiapkan Personil Tenaga Donor yang sewaktu-waktu siap di Mobilisasi ke Lokasi jika dibutuhkan. Karena menurut Informasi, PMI dan UTD setempat (Sul-Teng – Red) juga terkena dampak akibat Gempa.

Sedang, terkonfirmasi PMI Kota Makassar, selanjutnya yang akan dilakukan oleh PMI Kota Makassar adalah mengidentifikasi dan menyiagakan relawan terlatihnya untuk sewaktu-waktu siap di mobilisasi serta mengaktifkan Posko Tanggap Darurat Bencana.

Menurut Sekretaris PMI Kota Makassar, Bapak Nur Salam AS selaku Pengarah Operasi Tanggap Darurat Bencana saat di temui usai melepas pemberangkatan Relawan ke lokasi Bencana menuturkan bahwa misi kemanusiaan ini atas arahan dan instruksi Bapak Ketua PMI Kota Makassar, Bapak Syamsu Rizal MI.

“Bapak Ketua PMI Kota Makassar setelah mendengar berita gempa dan Tsunami di Palu dan juga Donggala, mengarahkan dan menginstuksikan kepada saya via telephon dan WhatsApp, untuk segera merespon kejadian tersebut. Menurut beliau, karena ini sudah menjadi Tugas dan tanggung jawab PMI, jadi harus segera di respon dan ditindaklanjuti”. Tutur Bang Salam sambil meniru gaya berbahasa Deng Ical via telephone.

Lanjutnya lagi, “Kami telah berkoordinasi dengan PMI Pusat, PMI Provinsi Sulawesi Selatan dan PMI Provinsi Sulawesi Tengah, PMI Pusat memberikan tanggung jawab kepada PMI Kota Makassar sebagai Koordinator Tim Relawan PMI pada Operasi Tanggap Darurat Bencana (Ops TDB) Gempa & Tsunami Palu & Donggala. Sebagaimana diketahui, pada Ops TDB ini, juga bergabung Relawan PMI Kab. Luwu, Relawan PMI Kota Palopo, Relawan PMI Kab. Luwu Utara, dan Relawan PMI Kab. Luwu Timur, serta akan menyusul Relawan PMI dari Kab/Kota lainnya.”