Pemkab Banyumas Izinkan Salat Tarawih Berjamaah di Masjid Selama Ramadan

  • Whatsapp
Tangkapan layar video unggahan Bupati Banyumas di akun Instagram @ir_achmadhusein, Sabtu (10/4/2021). HESTEK/Istimewa

PURWOKERTO, hestek.id – Pemkab Banyumas mengizinkan warganya untuk melaksanakan salat tarawih berjamaah selama ramadan mendatang.

Hal itu disampaikan Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein, melalui unggahan video di akun Instagram pribadinya @ir_achmadhusein, Sabtu (10/4/2021.

Bacaan Lainnya

“Kondisi Covid-19 di Banyumas, berangsur membaik. Saat ini kita sedang membangkitkan perekonomian supaya terus bertumbuh, tetapi sebaran virusnya juga harus tetap dihambat,” ujarnya.

Untuk pengendalian, pemerintah daerah sudah memperbolehkan pelaksanaan tarawih di masjid tetapi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Beberapa persyaratan yang harus ditegakkan di antaranya adalah membatasi kapasitas ruang maksimal 50 persen dengan jarak antar jemaah 1 meter.

Lantai masjid sebagiknya tidak diberi karpet, biasakan didisinfektan setiap hari, serta jemaah disarankan membawa perlengkapan ibadah sendiri seperti sejadah dan lainnya.

“Tetap kenakan masker dan sebelum masuk masjid, wajib untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” katanya.

Apabila jumlah jemaah melebihi kapasitas dan tetap menghendaki salat tarawih berjemaah, pengurus masjid bisa menggelarnya di halaman masjid dengan memasang tenda.

“Usahakan supaya jemaah yang datang adalah warga di lingkungan masjid, bukan orang dari wilayah,” katanya.

Untuk jemaah atau warga di zona kuning atau oranye, harus dipastikan kondisi pasien dan keluarganya terkini. Disarankan bagi anggota keluarga orang terkonfirmasi positif untuk tidak mengikuti salat tarawih berjemaah di masjid, supaya meminimalisir potensi penularan.

“Untuk lansia di atas 60 tahun dan anak-anak, diusahakan salat taraawih di rumah saja. Kita berharap perekonomian warga berangsur membaik dan pandemi segera berlalu,” ujarnya. (Dedy)


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Pos terkait