SWEDIA, HESTEK.id  – Pendiri IKEA Ingvar Kamprad yang membangun bisnis nya sejak usia 17 tahun sampai menjadi raksasa furnitur dunia meninggal di usia 91 tahun pada hari Sabtu, 27 Januari. Dilaporkan Kamprad tutup usia di rumahnya di Samaland, Swedia Selatan.

Setelah kematiannya, Kamprad adalah orang terkaya kedelapan di dunia, senilai sekitar $ 58,7 miliar, menurut Bloomberg. Bukan tidak mungkin, perusahaan ritel yang di bangun sejak 1943 pada November tahun lalu tercatat memiliki 411 Gerai yang tersebar di 46 negara–termasuk Indonesia.

Sekalipun memiliki pundi – pundi yang sangat banyak, Kamprad terkenal sangat hemat. Bepergian menggunakan pesawat kelas ekonomi, berkendara menggunakan volvo tua dan memilih mengkonsumsi makanan murah, atau berburu pakaian diskon. Kamprad mengklaim, kebiasaan tersebut akan menjadi teladan untuk seluruh pengawai IKEA.

Catatan tentang kamprad adalah keterlibatanya dengan aktifitas Nazi. Kamprad muda tercatat mendanai penerbitan buku tokoh sentral pro fasisme Swedia, Per Engdahl. Selain itu ia juga pernah tercatat sebagai anggota di organisasi Pemuda Nordik, kelompok pro-fasis swedia.

Surat kabar Swedia Expressen membeberkan pertama kali keterlibatan Kamprad dalam fasisme Swedia selama Perang Dunia II. Pada tahun 1994, ketika Kamprad berumur 60an dan lama setelah IKEA telah berkembang menjadi sebuah bisnis global, Expressen menceritakan bahwa dia telah menjadi pengikut Per Engdahl, pemimpin gerakan fasis yang menyebut Adolf Hitler “penyelamat Eropa”.

Namun, Kamprad pun pernah menerima sejumlah medali dan penghargaan. Dari medali kerajaan (H.M. Konungens medalj), pesanan dari Kerajaan Vasa (Kungliga Vasaorden), hingga medali emas dari Akademi Teknik Swedia (Ingenjörsvetenskapsakademiens stora guldmedaljen).

Selain itu, ia juga mendapatkan penghargaan seumur hidup saat peringatan ke-50 tahun Kamar Dagang Swedia di Belanda. Memiliki gelar kehormatan dari Doktor Kehormatan di bidang Ekonomi dari Lund University (1983) dan Växjö University (2005), serta gelar Doktor Kehormatan di bidang Kehutanan dari Swedish University of Agricultural Sciences (2004).

Kamprad tercatat sebagai anggota kehormatan masyarakat Lunds Nation di Lund University.

Kamprad lahir pada tanggal 30 Maret 1926 di sebuah peternakan kecil di dekat desa Agunnaryd di Smalandia, Swedia. IKEA yang membuatnya menjadi miliuner sendiri adalah perpaduan dari inisal nama dan lokasi tempat ia tumbuh. IK adalah singkatan dari namanya, sedangkan E dari Elmtaryd peternakannya dan A adalah Agunnaryd desa kelahirannya.

Diketahui, Kampard menikah dua kali. Selain anak angkat dari perkawinan pertamanya, ia memiliki tiga putra, yang semuanya memiliki jabatan dewan senior di kekaisaran IKEA tapi tidak ada peran eksekutif atau kepemilikan. (Riadi Mappahata)