Pengurus Organisasi Dikukuhkan, IKK Sumsel Jadi Pemersatu Perantau Sumatera Selatan di Banyumas

  • Whatsapp
Ketua IKK Sumsel, Kms Mahmud, memberikan sambutan usai dikukuhkan Komandan Kodim 0701 Letkol Inf Candra, di Aula Makodim, Minggu (11/4/2021). HESTEK/Istimewa

PURWOKERTO, hestek.id – Inisiator sekaligus pembina organisasi, Komandan Kodim 0701/Banyumas, Letkol Inf Candra, mengukuhkan kepengurusan Ikatan Kerukunan Keluarga Sumatera Selatan (IKK Sumsel), di Aula Makodim 0701/Banyumas, Minggu (11/4/2021).

Candra berharap, IKK Sumsel menjadi wadah untuk saling asah, asih, asuh, sesama warga Sumatera Selatan di perantauan, khususnya di wilayah eks karesidenan Banyumas.

“Inilah wadah pemersatu untuk mempererat kebersamaan, kekeluargaan dan keakraban sesama warga Sumatera Selatan di wilayah eks karesidenan Banyumas,” ujarnya.

Candra yang masih sangat fasih berbahasa Palembang ini juga berharap, IKK Sumsel menjadi organisasi yang besar dan memberikan banyak manfaat untuk para anggotanya.

“Besar harapan kami keberadaan IKK Sumsel bermanfaat untuk saling bantu, termasuk meningkatkan perekonomian para anggotanya,” ujarnya.

Ketua IKK Sumsel, Kms Mahmud menyampaikan, saat ini sudah terdaftar 58 keluarga asal Sumsel yang kini bertugas dan menetap di wilayah eks karesidenan Banyumas.

“Kami yakin IKK Sumsel akan berkembang, karena lebih dari separuh anggotanya punya pasangan yang memang asli Banyumas. Jadi keterikatan dengan Banyumas ini, sangat erat,” katanya.

Dengan penerapan protokol kesehatan ketat, acara tersebut dihadiri sejumlah tokoh asal Sumatera Selatan yang ada di Banyumas. Selain Komandan Kodim 0701/Banyumas, hadir juga Komandan Batalyon (Danyon) 405/Surya Kusuma, Letkol Inf Kresna Santy Dharma, serta Manajer UPT PLN Purwokerto, Armunanto, dan beberapa tokoh lainnya.

Armunanto, pembina IKK Sumsel berharap, organisasi tersebut bisa menjadi duta daerah yang selain mengenalkan tapi juga mampu mengembangkan adat dan budaya Sumatera Selatan di wilayah Banyumas.

“Jadi tidak cuma mempopulerkan empek-empek, IKK Sumsel juga harus punya program-program yang turut berkontribusi untuk pemerintah daerah Banyumas. Sesuai kata pepatah, Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung,” ujarnya.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Acara diakhir dengan ramah tamah, sambil menyantap hidangan khas Sumatera Selatan yang secara swadaya dihadirkan para anggotanya. (Dedy)

Pos terkait