MAMUJU,Hestek.id – Ali Baal Masdar (ABM) selaku Gubernur Sulbar bertolak ke Jakarta dalam rangka memenuhi undang Bappenas untuk pembahasan pengusulan pemindahan ibukota negara.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Balitbangda Daerah Sulawesi Barat, Jamil Barambangin.

“Sedianya tadi malam salat tarwih bersama-sama, tapi pak gubernur dan pak sekprov bertolak ke Jakarta memenuhi undangan Bappenas, untuk pembahasan pemindahan ibukota negara,” kata Jamil di Mamuju, Senin (6/5/2019).

Selain Pemprov Sulawesi Barat, turut diundang adalah Pemprov Kalsel, dan Kalteng oleh Bappenas.

Kabupaten Mamuju memang selama ini disebut sebagai salah satu opsi wilayah pemindahan ibukota negara.

“Ada tiga Pemprov yang diundang Bappenas untuk ikut membahas usulan pemindahan ibukota,”ujarnya.

Nantinya, Gubernur dan Sekprov Sulawesi Barat akan mempersentasekan dua wilayah sebagai alternatif pemindahan ibukota yakni Pasangkayu dan Mamuju.

“Pak Gubernur bersama pak Sekprov akan mempesentasekan kesiapan Sulbar sebagai alternatif pemindahan ibukota, untuk daerah Mamuju akan diusulkan daerah Papalang hingga Kalonding, dan Pasangkayu akan diusulkan daerah Tikke,”katanya.

Kedua wilayah tersebut, dianggap refresentatif karena memiliki hamparan wilayah datar dan luas yang dinilai layak untuk jadi lokasi pembangunan ibukota baru.

Jamil Barambangin juga mengharapkan dukungan penuh dari semua masyarakat Sulbar dalam upaya merealisasikan pemindahan ibukota negara.

“Semua masyarakat diharapkan untuk mendukung, semoga Mamuju yang menjadi salah salah satu alternatif pemundahan ibukota menjadi kenyataan,”tuturnya.