Penyalahguna Narkoba di Banyumas Didominasi Remaja Usia 15-20 Tahun

  • Whatsapp
BNNK Banyumas

BANYUMAS, hestek.id-Dalam angka, jumlah penyalahguna narkoba yang ditangani BNNK Banyumas tahun ini jauh berkurang.

Wicky Sri Erlangga, Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat di BNNK Banyumas memngatakan, tahun lalu BNNK Banyumas merehabilitasi 120 orang, tetapi tahun ini hanya ada 56 orang penyalahguna narkoba.

Bacaan Lainnya

“Secara umum tidak jauh berbeda, hampir 80 persen dari jumlah itu rentang usianya 15-20 tahun atau remaja usia sekolah,” katanya.

Anak-anak pada usia tersebut, termasuk kategori rentan terpapar pengaruh buruk penyalahgunaan narkoba. Mereka punya kecenderungan mencoba-coba, dipengaruhi lingkungan pergaulannya.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

“Karena pandemi Covid-19, pergaulan mereka cenderung terbatasi. Sekolah daring, nongkrong dan lainnya juga agak susah. Jadi pengaruh buruk lingkungannya, jadi terbatas juga,” katanya.

Saat ini kata dia, 56 orang klien penyalahguna narkoba tersebut sedang menjalani rehabilitasi di Klinik Pratama Adiksia Medika BNNK Banyumas.

Selain itu, BNNK juga melakukan asesmen terpadu kepada 4 orang tersangka yang sedang menjalani proses hukum.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Banyumas mengakui penyuluhan pencegahan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan tidak optimal gegara Pandemi Covid-19.

Kepala BNNK Banyumas Agus Untoro mengakui, penyuluhan memang akan lebih efektif jika dilakukan secara tatap muka. (enq)

Pos terkait