JAKARTA, HESTEK.id – Beberapa waktu lalu, Xiaomi mengadakan poling di twitter mengenai antarmuka mana yang lebih banyak disukai pengguna. Apakah Android One atau MIUI? Seperti diketahui, Xiaomi meluncurkan handphone yang beberapa diantaranya menggunakan system MIUI dan beberapa lainnya Android One.

Dalam poling, yang diadakan tersebut ternyata MIUI yang merupakan produk Xiaomi kalah dibandingkan Android One yang justru merupakan antarmuka murni dari Google.

Lalu apakah perbedaan dan kelebihan dari masing-masing tampilan antarmuka antara Android One dan MIUI

Android One merupakan program yang dibesut Google untuk menghadirkan perangkat dengan sistem operasi Android polosan. Artinya tidak ada aplikasi bawaan dari vendor yang terkadang jarang digunakan dan malah melambat kinerja ponsel.

Awalnya program Android One dijalankan untuk perangkat entry level. Mulai tahun baru, Google menaikkan kelasnya kala membesut Mi A1 bersama Xiaomi.

Android One pertama kali terwujud pada tahun 2014. Google menggandeng Micromax, Spice, dan Karbonn sebagai pembuat smartphone Android One tersebut. Ketiganya merupakan vendor lokal di India.

Proyek Android One pun juga sempat hadir di Indonesia. Tiga vendor lokal, Evercoss, Nexian, dan Mito menjadi rekanan Google. Ketiganya melakukan peluncuran dalam waktu berdekatan, pada awal 2015.

Setelah itu Android One lama tidak ada kabar, hingga kemudian muncul dengan Xiaomi Mi A1.

Saat ini, Android One juga bekerjasama dengan HMD Global yang melahirkan Nokia 8 Sirocco. HMD Global juga mengubah semua lini ponsel Nokia-nya menjadi perangkat Android One.

Sebutlah misalnya, Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6, Nokia 6 (2018), Nokia 7, Nokia 7 Plus, Nokia 8 dan Nokia 8 Sirocco yang kini menjadi perangkat Android One.

Adapun MIUI adalah tampilan antarmuka alternatif yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk telepon cerdas dan komputer tablet yang berbasis pada perangkat lunak bebas sistem operasi Android.

Hingga tulisan ini diturunkan, MIUI terbaru adalah MIUI 9 yang hadir berbasiskan sistem operasi Android 7 Nougat, namun ada juga yang berbasiskan Android Marshmallow untuk perangkat tertentu yang telah berumur.

Tentu saja MIUI juga memilih keunggulan yaitu pada aplikasi keamanan yang telah ditanamkan juga aplikasi kameranya.

Lalu mengapa android one lebih baik dibandingkan MIUI?

Dalam forum diskusi Quora.com, banyak pengguna yang mengungkapkan jika Android One lebih baik dibandingkan MIUI, walaupun adapula yang berpendapat sebaliknya.

Tentu saja, karena andoid one merupakan sistem operasi polosan sehingga tidak terlalu banyak dibebani aplikasi yang belum tentu dibutuhkan. Selain itu, hal ini juga membuat tampilan lebih sederhana juga performa yang lebih baik.

Selain itu, jaminan update yang ditangani langsung oleh Google membuat smartphone ini akan menerima pembaruan versi android dengan cepat.