Peringati HKB, Cilacap Simulasi Evakuasi Gempa dan Tsunami

  • Whatsapp
Simulasi evakuasi bencana gempa dan tsunami di Cilacap. Foto: https://cilacapkab.go.id/

CILACAP, hestek.id – Ancaman bermacam jenis bencana alam dihadapi secara konstan oleh Cilacap. Namun, satu yang menjadi momok paling mengerikan untuk mereka yang hidup di pesisir adalah gempa yang berpotensi tsunami.

Oleh karena itu pula, Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun ini diisi dengan simulasi mandiri gempa bumi dan tsunami. Agenda simulasi ini digelar di Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Cilacap, Senin (24/06/2021).

Bacaan Lainnya

Ada tiga titik evakuasi yang disiapkan. Antara lain Balai Penyuluhan Pertanian Adipala, Kantor Desa Bunton, serta Masjid yang berada di sekitar area Pasar Adipala.

Simulasi dimulai pukul 10.00 WIB ditandai bunyi sirine dan titir kentongan sebagai peringatan bahaya gempa 8,8 SR yang berpotensi tsunami. Selanjutnya masyarakat diarahkan menuju tempat evakuasi yang aman dan mudah dijangkau dalam waktu singkat.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji berharap, melalui simulasi ini masyarakat semakin tangguh dalam menghadapi bencana.

“Lebih dari itu, muncul kesadaran warga tentang pentingnya sadar bencana,” kata Tatto seperti dikutip laman resmi Pemkab Cilacap.

Secara umum, simulasi evakuasi mandiri ini berlangsung lancar. Satgas penanggulangan bencana sudah terkoordinir dengan baik. Demikian juga kelengkapan dan fasilitas pendukung yang ada di tiga titik tempat evakuasi sementara. Untuk sistem peringatan dini yang berada di kantor kecamatan juga bekerja cukup baik.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

“Hanya saja kurang terdengar oleh warga yang tinggal sejarak 10 kilometer dari kecamatan. Mungkin masyarakat bisa menggunakan kearifan lokal seperti kentongan sebagai tanda bahaya untuk memperingatkan warga lainnya”, kata Gunardi, Tim Evaluator Simulasi.(hestek.id)

Pos terkait