Persiapan Lebaran, Banyumas Akan Siapkan Tempat Karantina untuk Pemudik Bandel yang Berhasil Menembus Perbatasan

  • Whatsapp
Satuan petugas (Satgas) Covid-19 Banyumas melakukan operasi sosialisasi di perbatasan Banyumas-Purbalingga, tepatnya di wilayah Jompo, beberapa waktu lalu. HESTEK/Istimewa

PURWOKERTO, hestek.id – Untuk menyambut gelombang pemudik pada Lebaran mendatang, Pemkab Banyumas akan menyiapkan sejumlah langkah guna menangkal sebaran kasus Covid-19.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Meski belum menerima aturan tertulis dari pemerintah pusat terkait larangan mudik, beberapa rencana sudah mulai disiapkan.

Bacaan Lainnya

“Aturan tertulisnya belum, tapi kami akan menyiapkan dan sementara menunggu petunjuk dari pusat dulu,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Banyumas, Didi Rudwianto, di Pendapa Sipanji Purwokerto, Senin (29/3/2021).

Antisipasi yang dilakukan antara lain mengawasi kedatangan orang di desa-desa, dengan memberdayakan satuan tugas (Satgas) yang telah dibentuk hingga tingkat RT.

“Pokoknya jangan sampai desa yang sekarang zona hijau sejak pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro, berubah karena ada yang mudik,” ujar Didi.

Pemkab kemungkinan juga akan melakukan operasi, di perbatasan wilayah. Sebab, walaupun dilarang, kemungkinan tetap akan kedatangan pemudik.

“Pengalaman tahun lalu tetap ada, kecuali yang naik kereta jelas terkendali,” kata Rudi.

Rencananya pemerintah kabupaten, akan menyiapkan tempat-tempat karantina termasuk di GOR Satria.

“Ini dipersiapkan untuk antisipasi kalau karantina di desa tidak mampu menampung. Tempat karantina untuk pasien tanpa gejala juga akan diaktifkan lagi di Baturraden,” katanya. (Dedy)

Pos terkait