Polresta Gandeng Dinkes Bikin Aplikasi Banyumas Sehat

  • Whatsapp
Ilustrasi development aplikasi Banyumas Sehat. pexels.com/@kevin-ku-92347

BANYUMAS, hestek.id – Polresta dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas dikabarkan tengah mengembangkan aplikasi Banyumas Sehat. Sebuah software khusus yang dirancang untuk mengantisipasi penularan Covid-19 pada lansia dan komorbid.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kepala Dinkes Banyumas, Sadiyanto mengamini. Jajarannya dengan Polresta tengah mendalami ide ini.

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya itu kan program usulan dari Wakapolres. Ini sudah koordinasi dengan saya secara langsung,” kata Sadiyanto ketika diwawancarai lewat telepon, Jumat (22/1/2021).


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Meski begitu, Sadiyanto mengaku belum tahu banyak soal aplikasi ini. “Kita kan harus ketemu, bentuk aplikasinya kan juga perlu dibicarakan bareng-bareng. Nanti kira-kira yang pas seperti apa,” katanya.

Berbeda dengan pernyataan Sadiyanto, Wakapolresta Banyumas, AKBP Kristanto Yoga Darmawan menyebut aplikasi Banyumas Sehat sudah hampir rampung.

“Untuk saat ini (aplikasi Banyumas Sehat, red) sudah hampir tahap finalisasi,” katanya.

Aplikasi ini, memiliki fungsi sebagai alat deteksi dini kesehatan masyarakat yang dilakukan secara mandiri. Data-data yang terkumpul dari piranti lunak ini kemudian akan diverifikasi oleh gugus tugas Covid-19.

“Kalau masyarakat bisa assessment masing-masing, kita juga bisa mendata status yang berkaitan dengan gejala-gejala Covid-19,” ujar dia.(CR 2)

Pos terkait