Purbalingga Punya Goa Demokrasi

  • Whatsapp
Sebuah TPS di Purbalingga dihias layaknya goa.

PURBALINGGA, HESTEK.ID-Inovasi untuk terus meningkatkan angka partisipasi pemilih dalam gelaran Pilkada 2020 terus dilakukan oleh KPU Purbalingga.

Satu di antaranya adalah dengan menghias Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Lamuk, Kecamatan Kejobong, Purbalingga, Jawa Tengah. Di lokasi tersebut, TPS didesain layaknya goa.

Bacaan Lainnya

Ide desain ini muncul dari Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) 02 Desa Lamuk, Andris Subekti. Ia pun punya nama khusus untuk TPS-nya, yaitu Goa Demokrasi.  Tak hanya dekorasi, petugas TPs yang berjaga pun merias diri dengan kostum kelelawar.

Andris mengatakan, pengerjaan dekorasi menghabiskan dana total sekitar Rp 1,5 juta. “Dana dari pemerintah Cuma Rp 850 ribu. Yang mengerjakan sekitar 9 orang,” ujar dia.

Rini (32), Warga RT 02 RW 01 mengaku tidak takut untuk datang ke TPS. Menurutnya, tiap warga tetap memiliki hak suara untuk menentukan pemimpin ke depan. Takut buat apa? Lagian libur juga hari ini. Yang penting kan tetap patuhi protokol kesehatan.

Apalagi ini TPS nya juga unik dan kreatif. Jadi ya menghormati juga panitia yang sudah bersusah payah menyiapkan TPS,” ujarnya.

Di Desa Lamuk sendiri terdapat 7 TPS. Tiap TPS dibatasi maksimal 500 pemilih. Di lokasi Goa Demokrasi, tercatat ada 425 daftar pemilih tetap yang dapat menggunakan hak suaranya.(bal)

Pos terkait