Rektor Baru UMP, Jebul Suroso Tekankan Kolaborasi Kembangkan Dunia Pendidikan

  • Whatsapp
Rektor UMP, Dr Jebul Suroso

PURWOKERTO,hestek.id- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), akhirnya punya rektor baru setelah sempat kosong ditinggal penjabat sebelumnya, Dr Anjar Nugroho yang beberapa waktu lalu meninggal dunia karena sakit.

Dr Jebul Suroso, dilantik sebagai rektor baru UMP untuk masa jabatan 2019-2023. Pelantikan dilakukan secara virtual oleh Ketua Majelis Diklitbang PP Muhammadiah, Prof H Lincoln Arsyad, Selasa (12/1/2021).

Bacaan Lainnya

Saat bertemu awak media di Gedung Rektorat UMP, Dr Jebul Suroso mengajak awak media untuk berkolaborasi memajukan dunia pendidikan di Banyumas.

Kata dia, kolaborasi menjadi satu tatanan nilai baru yang akan diemban UMP dalam periode kepemimpinannya. Ia menyebut, ada empat tatanan nilai baru yang disebut ‘UMP BAIK’ yakni budaya mutu, ahlak mulia, inovatif, dan kolaboratif.

“Semua orang tidak bisa bekerja sendiri-sendiri dengan mengedepankan ego. Ketika seseorang dengan ego masing-masing yang muncul adalah inefektif dan inefisiensi. Secara eksternal tentu bermitra dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri,” katanya.

Sementara untuk budaya mutu, ia berkeinginan dalam jangka pendek menggenjot akreditasi UMP dan menjadikannya perguruan tinggi yang mencapai akreditasi unggul.

Kemudian ahlak mulia. Maksudnya, UMP berkeinginan untuk bisa menjadi tempat pendidikan kader-kader bangsa. Dengan merencanakan ada program-progam yang meningkatkan SDM pada berbagai jurusan di UMP.

“UMP ingin menjadi rumah pengkaderan untuk calon-calon pemimpin bangsa. Setiap lulusan UMP jika jadi pekerja bisa sukses, kalau jadi politisi jadilah yang bermartabat. Jadi pengusaha juga yang berhasil,” katanya.

Kemudian, Inovatif yakni dengan melakukan banyak penelitian berbasis atau berorientasi yang fokusnya pada produk. “Sehingga nantinya produk bisa layak jual dan bisa dimanfaatkan masyarakat,” katanya. (anas)

Pos terkait