Sekda Ujang Ditunjuk Jadi Plh Bupati Kebumen, Boleh ‘Ngapain’ Saja?

  • Whatsapp
Sekda Kebumen, Ahmad Ujang Sugiono (kanan) bersama Bupati Kebumen terpilih, Arif Sugiyanto. HESTEK/Istimewa.

KEBUMEN, hestek.id- Sekretaris Daerah (Sekda) Kebumen, Ahmad Ujang Sugiono bakal ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kebumen. Jabatan tersebut dijalankan sembari menunggu pasangan Arif-Rista dilantik secara resmi.

Meski begitu, Plh Bupati Kebumen tak sepenuhnya punya kewenangan melekat seperti bupati definitif dalam mengambil kebijakan strategis.

Bacaan Lainnya

“Pengambilan keputusan boleh, tapi bukan yang strategis misalnya bidang keuangan bidang kepegawaian,” kata Ujang, Senin (16/2/2021).

Ujang menerangkan, jika saat menjalankan tugas ada keadaan mendesaknya untuk mengambil kebijakan strategis, maka dia akan berkonsultasi dan meminta pertimbangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Kemudian apabila ada suatu hal yang strategis itu harus dilaksanakan betul karena sesuatu hal, itu harus seizin dari Mendagri,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Ujang, ia masih menunggu instruksi Gubernur Jawa Tengah tentang mekanisme dan pelaksanaan selama menjabat sebagai Plh Bupati Kebumen. Mengingat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen terpilih diundur hingga akhir Februari mendatang.

“Plh mendapat surat tugas dari Gubernur. Kami masih menunggu gambarannya seperti apa, jadi Plh mulai tanggal 17 sampai dengan bupati terpilih dilantik,” terangnya.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  baru saja memberitahukan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen terpilih diiundur. Pelantikan yang sedianya digelar sebelum 17 Februari 2021 seiring masa jabatan bupati Yazid habis, diundur antara 25-27 Februari 2021.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Kemendagri memadandang keputusan itu perlu dilakukan dengan sederet pertimbangan termasuk alasan pandemi Covid-19. Beragam skenario telah diutarakan dalam prosesi pelantikan. Mulai digelar serentak secara virtual disetiap kabupaten atau kota, hingga pembatasan peserta yang hadir. (M Hafied)

Pos terkait