Sekolah Tatap Muka di Kebumen Baru Akan Dimulai Pas Bulan Puasa, Ini Alasannya

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan Kebumen, Mohammad Amirruddin. HESTEK/Istimewa

PTM di Kebumen Tunggu Datang Bulan Syawal

KEBUMEN, hestek.id – Dinas Pendidikan Kebumen, belum dapat memastikan kapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah akan berlangsung.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pendidikan Kebumen, Mohammad Amirruddin mengatakan, sejauh ini ada wacana pelaksanaan PTM bakal digelar pada bulan puasa mendatang.

“Lebih bijaksana, pembelajaran tatap muka diundur setelah bulan Syawal. Tentunya dilihat perkembangan di bulan Syawal akan seperti apa, mudah mudahan menurun, sehingga PTM bisa dilaksanakan,” jelas Amir.

Amirruddin menilai, pelaksanaan PTM dalam waktu dekat belum memungkinkan untuk digelar atas pertimbangan kasus Covid-19 di Kebumen yang masih tersebar di 19 kecamatan.

Tak hanya itu, memasuki Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri dianggap mobilitas masyarakat akan lebih tinggi, sehingga tidak menutup kemungkinan resiko penularan akan meningkat.

“Dikhawatirkan akan menurunkan imunitas atau daya tahan tubuh mereka, sehingga memicu peningkatan kembali jumlah kasus positif Covid-19 di Kebumen,” ujarnya.

Terkait persiapan, Dinas Pendidikan Kebumen telah memiliki sejumlah persyaratan dan prosedur sebelum pelaksanaan PTM. Kedua unsur itu sebagai syarat mutlak bagi sekolah yang akan menggelar PTM.

“Kita minta siswa yang hadir 50 persen untuk satu kelas. Dalam satu minggu berangkat 3 kali dengan durasi waktu pembelajaran juga kita batasi 4 jam,” terangnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kebumen juga belum merestui pelaksanan PTM tingkat SMA dan SMK yang sedianya digelar pada 5 -16 April 2021. Ada 3 sekolah tingakat menengah yang batal PTM, yakni SMAN 1 Kebumen, SMKN 2 Kebumen, MAN 1 Kebumen. (M Hafied)

Pos terkait