Selain Liputan Wartawan Anggota PWI Kebumen, Tekuni Pertanian untuk Ketahanan Pangan

  • Whatsapp
Para wartawan anggota dan pengurus PWI Kebumen, menanam jenis tanaman holtikultura di lahan saat perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 sekaligus HUT PWI ke 75 di Kebumen, beberapa waktu lalu. HESTEK/M Hafied

KEBUMEN, hestek.id – Pengurus dan anggota Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Kebumen, mendapat ‘hadiah’ saat Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) sekaligus HUT PWI ke 75 di Kebumen tahun ini.

Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Pejagoan bersama Pokphand Kebumen dan SKN Group, melibatkan wartawan menekuni sektor ketahanan pangan.

Bacaan Lainnya

Fasilitas lahan seluas 3.000 meter persegi, dipasrahkan untuk ditanami berbagai jenis tanaman holtikultura. Terdapat sedikitnya 10 jenis tanaman holtikultura dan tanaman keras berupa jeruk dan mangga, ditanam di lahan yang terletak di Desa Karangpoh, Kecamatan Pejagoan.

Semua proses mulai dari persiapan lahan, penanaman, perawatan hingga nantinya dipanen, akan diawasi oleh PT Pokphand Indonesia. Keberhasilan upaya ini diharapkan akan menjadi percontohan bagi masyarakat luas, dalam menjaga ketahanan pangan secara mandiri di era pandemi.

Ketua PWI Kebumen, Bagus Sukmawan, mengapresiasi kerjasama antara wartawan dengan berbagai pihak.

“Pemanfaatan lahan seperti ini sangat baik dan perlu didukung. Kami yakin ini bisa menginspirasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan dengan tanaman produktif, sehingga selain untuk ketahanan pangan juga bisa untuk membantu perekonomian keluarga,” kata Bagus Sukmawan, Rabu (17/2/2021).

Penanaman perdana di area sekitar peternakan New Assa Karangpoh Pejagoan ini, dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan persiapan lahan yang telah digelar sepekan lalu.

Kasi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Distapang Kebumen, Kristiya Titis Retnaningsih menyampaikan, pentingnya ketahanan pangan di tingkat rumah tangga.

“Ini bukti bahwa kita bisa saling bekerjasama untuk meningkatkan ketahanan pangan, baik di tingkat rumah tangga maupun di tingkat masyarakat,” kata Titis. (M Hafied)

Pos terkait