NIAS, Hestek.id – Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli menyerahkan langsung Surat Keputusan (SK) kenaikan pangkat kepada 274 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menerima kenaikan pangkat.

Bupati Nias pada arahan dan bimbingan menyampaikan bahwa kenaikan pangkat adalah salah satu syarat bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam mengembangkan karier sesuai amanat peraturan kepala BKN nomor 12 tahun 2002 tentang kenaikan pangkat PNS.

“Kenaikan pangkat tersebut hendaknya tidak dianggap sebagai hak PNS, tetapi harus dimaknai sebagai wujud peningkatan sumber daya aparatur yang diimplementasikan melalui bentuk kedisplinan serta peningkatan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.” Harap Sekjend Aspeksindo ini.

Lanjut Sokhiatulo Laoli, PNS adalah unsur utama yang memiliki peran strategis dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan. 

Untuk mencapai hal itu, lanjutnya, maka PNS dituntut untuk memiliki kompetensi yang diindikasikan dari sikap perilaku.

Kenaikan pangkat tersebut, diiingi dengan kenaikan gaji PNS sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2019 tentang gaji PNS, maka kenaikan gaji disesuaikan dengan kenaikan pangkat.

Ia juga menekankan agar PNS sungguh-sungguh dalam melaksanakan setiap pekerjaan yang telah dibebankan dan dijadikan sebagai penyemangat untuk mewujudkan tanggung jawab yang telah diperoleh.*