Siap-siap Mbah, Vaksinasi untuk Lansia di Purbalingga Dimulai Besok

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Hanung Wikantono. HESTEK/Gilang Grahita

PURBALINGGA, hestek.id – Program vaksinasi masal tahap kedua termin II di Kabupaten Purbalingga dimulai hari ini, Kamis (4/2/2021). Vaksiniasi kali ini menyasar pelayan publik yang sudah hampir pensiun dan kelompok lanjut usia (lansia).


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

“Vaksinasi tahap kedua termin ll sudah mulai pagi ini dan ditarget selesai Sabtu besok. Vaksinasi tersebut dilaksanakan di 11 faskes. Untuk hari ini di beberapa puskesmas sudah melayani vaksiniasi menyasar pelayan publik yang berusia 50-59 tahun,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Hanung Wikantono

Bacaan Lainnya

Sementara untuk lansia umum, kata @hwikantono, akan dimulai besok di Rumah Sakit Panti Nugroho.

“Untuk lansia umum yang berusia 60 tahun ke atas akan dimulai besok pagi di RS Panti Nugroho dan hari Sabtu juga ada di RSUD Goeteng Taroenadibrata,” terangnya.

Hanung mengungkapkan, Purbalingga mendapat jatah 1000 botol vial vaksin pada tahap kedua termin II.  Vaksin tersebut akan dibagi untuk dua kali dosis suntikan.

“Dari 1000 vial itu kami bagi menjadi dua kali dosis suntikan. Jadi ada alokasi 500 vial. Yang 300 vial untuk lansia umum berusia diatas 59 tahun dan yang 200 untuk lanjutan pelayan publik,” kata dia.

Dia menjelaskan, setiap satu botol vial vaksin bisa disuntikkan kepada sembilan orang, sehingga jatah vaksiniasi kali ini menyasar sekitar 4500 orang.

“Vaksiniasi tahap kedua masih akan berlanjut sampai seluruh target sasaran selesai divaksin,” kata dia

Hanung mengimbau masyarakat Purbalingga untuk tidak takut dengan vaksiniasi Covid-19 karena sudah terbukti aman.

“Untuk masyarakat diharapkan tidak takut dengan vaksin karena sudah jelas halal dan aman. Vaksiniasi dilakukan guna mencegah dan menekan penularan Covid-19 sehingga pemulihan di lintas sektor bisa segera terwujud,” pungkasnya. (Gilang Grahita)

Pos terkait