Siap-siap, Minggu Depan Lansia di Banyumas Akan Divaksin

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Banyumas, Sadiyanto. HESTEK/Dedy

PURWOKERTO, hestek.id – Orang lanjut usia (lansia), masuk dalam daftar prioritas penerima vaksin Sinovac. Untuk Kabupaten Banyumas, para lansia akan disuntik mulai minggu depan.

“Untuk vaksinasi lansia, sudah didata di Banyumas ada sekitar 169 ribu. Tapi untuk pelaksanaannya, masih menunggu ketersediaan vaksin,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto, Rabu (3/3/2021).

Bacaan Lainnya

Saat ini Dinkes Banyumas, baru mendapat sekira 5 ribu vaksin yang akan dialokasikan ke Puskesmas. Jumlah ini sangat sedikit, kalau dibandingkan kebutuhan vaksin untuk lansia di seluruh Banyumas.

“Dengan 40 puskesmas yang ada, kalau dibagi rata cuma 125 dosis per puskesmas. Jadi kita akan memetakan yang risiko kecil tetapi bermanfat mencegah lansia terpapar. Harus efektif dan efisien,” katanya.

Ia menjelaskan, dinas bersama petugas teknis vaksinasi akan mencoba mengkategorikan lansia yang memiliki penyakit bawaan (komorbid) dengan yang sehat.

“Apakah nantinya akan diprioritaskan bagi lansia komorbid atau yang sehat, ini perlu dikoordinasikan lagi. Begitu juga untuk tempat pelaksanaan vaksinasi, apakah dengan mendatangi tempat lansia atau di faskes,” katanya.

Meski dinkes tidak memastikan waktunya, tetapi Dinkes Banyumas menjadwalkan vaksinasi untuk lansia akan dilakukan mulai, Selasa (9/3/2021) pekan depan.

“Untuk kedatangan tambahan vaksin kita tidak tahu, karena biasanya juga mendadak. Jadi kita tetap rencanakan vaksinasi lansia akan dilakukan minggu depan,” katanya.

Pos terkait