Siap-siap, Senin Depan Ada Rapid Tes Masal 4000 Komorbid di Banyumas

  • Whatsapp
Kepala Dinkes Banyumas, Sadiyanto.

PURWOKERTO,hestek.id- Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas berencana untuk melakukan rapid test antigen masal kepada masyarakat yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid. Rapid test masal dilakukan di 80 desa di Banyumas.

“Hari Senin kami akan melakukan screening untuk Kabupaten Banyumas. Satu Puskesmas akan melayani dua desa sehingga total ada 80 desa,” kata Kepala Dinkes Banyumas, Sadiyanto.

Bacaan Lainnya

Desa yang akan dipilih, kata Sidyanto, merupakan desa yang memiliki angka positif dan kematian paling tinggi ketimbang desa lainnya. Dalam tes rapid masal ini, pihaknya menargetkan melakukan screening untuk 4000 komorbid di Banyumas.

“Untuk tes rapid antigen ini, akan memanfaatkan alat bantuan dari BNPB. Dari 5000 kita gunakan 4000,” katanya.

Hal ini dilakukan, untuk bisa menekan angka kematian komorbid di Banyumas karena Covid-19. Pasalnya, para komorbid merupakan kelompok yang memiliki risiko fatalitas terbesar ketika tertular Covid-19.

“Kalau ada komorbid yang positif akan ditindaklanjuti dengan tes PCR. Baik yang bergejala atau tidak akan dibawa ke rumah sakit untuk jaga-jaga menghindari yang tidak diinginkan,” katanya.

Sejauh ini, screening masal sudah dilakukan di dua desa. Hingga saat ini kasus kematian akibat Covid-19 mencapai 275 orang. Di bulan Januari ini, tercatat 59 orang meninggal akibat Covid-19. (Anas Masruri)

Pos terkait