JAKARTA, HESTEK.id – Vlog atau biasa juga disebut video blog telah menjadi gaya hidup millenial. Popularitas vlogger atau orang yang rutin berkarya membuat video blog bahkan telah menyamai artis yang dibesarkan oleh televisi.

Di Indonesia sejumlah nama besar telah dikenal berkat video blog. Sebutlah misalnya nama Chandra Liow dengan channel Tim2onenya di Youtube. Juga nama Bayu Skak, Ria Ricis, Agung Hapsah dan berbagai nama lain yang besar dan berkarya melalui video blog.

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah siapakah vlogger pertama di Indonesia?

Agak sulit menjawab pertanyaan ini. Beberapa generasi awal youtuber Indonesia yang menjadi kiprah vlogger awal mulai membuat video pada tahun 2008.

Di Indonesia sendiri, kehadiran vlogger tidak bisa dipisahkan dari grup blog video Yahoo! pada tahun 2005. Demikian halnya dengan Youtube yang mulai popular pada tahun 2005.

Jika berkaca pada data ini, maka kita bisa melihat bahwa vlog pertama kali mulai hadir pada tahun 2005. Lalu benarkah demikian?

The Lens; Vlogger Di Zaman Dilan

Walau demikian ada hal menarik terhadap kelahiran vlogger di Indonesia. Sebuah Channel Youtube bernama The Lens bisa disebut sebagai vlogger awal di Indonesia.

Walau akun Youtubenya baru dibuat pada 13 Juli 2017, tetapi video-video yang diupload The Lens adalah video-video “ala vlogger” di tahun 1990an–era yang sama dengan era Dilan 1990.

Itu berarti The Lens telah mulai melakukan aktifitas vlogging, disaat istilah vlog belum begitu dikenal.

“Kembali ke tahun 1980an dan 90an, inilah cara kami mendokumentasikan sekitar, sebelum adanya kamera digital dan Gopro,” tulis The Lens pada keterangan channel.

Walau tidak persis seperti vlogger masa kini yang dipenuhi dengan narasi vloggernya, tetapi cara pengambilan gambar dan tema yang diangkat bisa disebut sebagai cikal bakal vlogging.

Lihatlah misalnya di video terbarunya ia menampilkan kondisi malam hari di Jakarta Barat. The Lens menampilkan gambar video suasana sekitar jalan melewati Mall Taman Anggrek dan sebelum ada Mall Central Park pada tahun 1997.

Video tersebut diambil dari sebuah mobil dan tidak ada tema khusus, hanya menampilkan kondisi jalan saat itu. Walau demikian, video tersebut bisa memiliki manfaat ke penontonnya yang ingin merasakan kondisi di masa itu.

“1997 saya baru lahir, akhirnya bisa melihat suasana Jakarta di tahun saya lahir,” tulis akun Video on Camera.

Dan seperti selayaknya vlogger zaman now yang sering keluar negeri, The Lens tidak hanya vlogging di Indonesia tetapi juga di Hong Kong dan Jepang. Salah satunya video di Sega Arcade 1997 juga video di Bandara Hong Kong Kai Tak pada tahun 1996.

The Lens juga vlogging saat tim bulutangkis Indonesia meraih emas di Olimpiade Sydney 2000.

Salah satu video yang juga mendapat komentar adalah video berjudul Liburan ke Yogyakarta dan Magelang Tahun 1992. Video tesebut memperlihatkan bandara Adisucipto Yogyakarta. Juga ada gambar pesawat Sempati yang kini tidak ada lagi.

Di era 1990an pesawat Sempati Air memang menjadi primadona karena merupakan milik sahabat dan keluarga Presiden Soeharto

“Sempati air?seinget saya kalo naik sempati,dapet majalah anak2 yang jagoannya si kapten arrow,” tulis akun Adityo Kuncoro.

Dari video-videonya di zaman 1980an-1990an, tak salah jika kemudian banyak penonton yang menyebut sebaga The Lens sebagai vlogger awal di Indonesia. Soal siapa yang pertama kali ngevlog, tentu saja masih bisa diperdebatkan.