JAKARTA, HESTEK.id – Tim Repsol Honda kembali mendatangkan Marc Marquez dan Dani Pedrosa untuk memperkenalkan motor baru mereka di Indonesia. Acara ini berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2018) siang WIB.

Ini merupakan kali keempat Repsol Honda membawa motor balapnya ke Indonesia. Sebelumnya pada pada 2015 tim merilis RC213V di Pulau Bali.  Kemudian pada 2016, event peluncuran dilakukan di Sirkuit Sentul, serta pada tahun 2017 dan 2018 di JIExpo Kemayoran.

“Halo seluruh penggemar di indonesia. Terima kasih Indonesia karna sudah memberikan sambutan hangat kepada kami. Saya merasa sangat baik,” ujar Marquez kepada penggemarnya yang hadir.

Terdekat Honda Racing Corporation (HRC) melalui Repsol Honda Team akan menggunakan motor ini pada race pembuka akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar 18 Maret mendatang.

Motor balap RC213V milik keduanya akan menggunakan logo “One Heart” pada bagian depan dan lengan kiri racing suit serta under cowl kanan dan rear inner fender kiri.

Adapun logo “Satu Hati” terlihat pada bagian belakang dan lenagan kanan racing suit serta under cowl kiri dan rear inner fender kanan sepeda motor Repsol Honda Team.

Logo “Satu Hati” juga diletakkan pada seluruh seragam kru, pit box, trailer, dan hospitality area Repsol Honda Team sepanjang musim balap MotoGP 2018.

Untuk mesin RC213V yang akan digunakan balapan kemungkinan menggunakan mesin yang sama saat ujicoba di MotoGP Buriram Thailand. Seperti diketahui, Honda menjajal beberapa spesifikasi mesin pada dua tes pramusim MotoGP di Malaysia dan Buriram (Thailand).

“Kami sepertinya sudah memutuskan bakal menggunakan mesin yang dipakai pada tes MotoGP Buriram,” ujar Marquez dikutip dari Motorsport, Senin (19/2/2018).

Spesifikasi Motor Terbaru Marc Marquez RC213V 2018

Untuk spesifikasi terbaru motor RC213V 2018 ini, seperti yang dilansir dari laman resmi HondaRacingCorporation.com disebutkan bahwa RC213V masih merupakan pengembangan dari motor sebelumnya yang telah diperkenalkan pada tahun 2012 lalu.

Sasis
Untuk sasis yang digunakan pada tahun 2018 telah melalui proses modifikasi terutama soal keseimbangan untuk mendapatkan kemampuan maksimal antara putaran dan kestabilan. sasis berbahan alumunium twinpar yang ringan tetapi juga memiliki kekuatan untuk menghubungkan 180 kw dari mesin RC213V ke ban belakang.

Mesin
Menggunakan mesin 4 silincer “V” dengan kapasitas 1000 cc. Mesin terbaru ini dibuat lebih ringan, lebih memiliki kekuatan dan disesuaikan dengan karakteristik pembalap.

Suspensi
Tidak berbeda dengan motor 2017 lalu, suspensi depan dan belakang menggunakan buatan Ohlins.

Body dan Tyres
Tidak terlalu banyak perubahan dibanding musim sebelumnya. Untuk body masih menggunakan bahan serat karbon. Yang membedakan dibanding motor Honda 2017 lalu yaitu dilakukan modifikasi pada bagian fairing.

Adapun untuk ban berukuran 17 inch, honda masih mempercayakan kepada Michelin. Setiap pembalap diperbolehkan menggunakan maksimal 22 ban dan 11 bank basah setiap balapan.

Rem
Untuk rem depan menggunakan buatan Brembo dan rem belakang serta rem depan saat basah menggunakan produksi Yutaka.