Sudah Siap Divaksin Covid-19? Ini Syarat Penerima Vaksin Corona

  • Whatsapp
drg Hanung Wikantono, Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga. Hestek/Istimewa

PURBALINGGA, HESTEK.ID-Pemkab Purbalingga bakal segera memberikan vaksin Covid-19, untuk 2.970 tenaga kesehatannya.

Kata drg Hanung Wikantono, Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga, jumlah tersebut diakuinya tidak sesuai dengan yang diajukan sebanyak 3.768 sesuai jumlah nakes di Purbalingga.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah dapat kabar, Purbalingga termasuk penerima vaksin tahap kedua. Pelaksanaannya rencana Februari, tapi tanggalnya belum pasti dan kita masih tunggu informasi,” katanya, Selasa (12/1/2021).

Dari jumlah itu, tidak semua nakes secara otomatis bisa langsung menerima vaksin. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para nakes, sebelum divaksin.

“Nanti ada 13 dari 16 item yang harus dijawab oleh nakes calon penerima vaksin. Dari situ baru bisa diputuskan, memenuhi syarat atau tidak untuk divaksin,” kata Hanung.

Hanung menyampaikan, syarat-syarat itu di antaranya belum pernah terinfeksi Covid-19 sebelumnya, tidak sedang hamil atau menyusui, tidak punya riwayat alergi berat, serta tidak mengidap penyakit berat lainnya.

“Kalau nanti dianggap belum memenuhi persyaratan minimal, vaksinasi untuk yang bersangkutan terpaksa di tunda,”ujar Hanung.

Mulai 13 Januari 2021, pemerintah pusat mencanangkan vaksinasi Covid-19. Untuk tahap pertama, vaksin Covid-19 bakal diproritakan untuk tenaga kesehatan di wilayah kabupaten/kota penyangga ibukota provinsi.

Di Jawa Tengah, nakes di daerah-daerah yang berbatasan langsung dengan ibukota provinsi meliputi Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang, dan wilayah Solo, bakal menjadi penerima vaksin tahap pertama. (CR1)

Pos terkait