SURO Gelar Kampung Ramadan Untuk Bangkitkan UMKM Rawalo

  • Whatsapp
David Okta Nugroho (kiri) mendampingi Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono berkunjung ke Kampung Ramadan yang digelar SURO. HESTEK.ID/istimewa

PURWOKERTO, hestek.id – Sedikitnya 43 produk unggulan UMKM yang tergabung dalam kelompok kelompok Seduluran Umkm Rawalo (SURO) dipamerkan dan dijual lewat agenda Kampung Ramadan di Jalan Darmowiyoto, Rawalo.

Inisiator kegiatan ini, David Okta Nugroho mengatakan, agenda serupa pernah digelar tahun 2019. Tahun ini, di tengah pandemi Covid 19, para pemuda wilayah tersebut berusaha menjadikan kegiatan ini sebagai sebuah titik tolak kebangkitan UMKM.

“UMKM yang ikut datang dari 9 desa di Kecamatan Rawalo. Produknya bagus dan punya potensi. Ini harus didukung dan dikembangkan,” ujar dia.

Menurutnya, ada beberapa persoalan yang menjadi masalah bagi pelaku UMKM. Yang paling utama adalah soal perizinan.

“UMKM punya produk bagus, tapi untuk dijual di toko-toko besar harus ada perizinan. Soal sertifikasi halal misalnya, itu kan dirasa masih sangat mahal,” ujar David.

Ia berharap Disnakerkop UKM dapat menjadi penjembatan untuk menghadapi tantangan ini.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Sementara itu, Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono mengapresiasi penuh kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan serupa harus terus digenjot untuk memberdayakan UMKM. Sebab, UMKM bisa jadi motor untuk memerdekakan ekonomi masyarakat. (topan pramukti)

Pos terkait