Tahun 2021 Tak Ada Ujian Nasional, Ini Penentu Kelulusan Siswa Generasi Corona

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas, Irawati. HESTEK/Gilang Grahita

BANYUMAS, hestek.id – Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas, Irawati memastikan tahun ajaran 2020/2021 tidak ada Ujian Nasional di jenang SD dan SMP.

Sebagai gantinya, ada tiga kriteria penilaian yang akan digunakan sebagai penentu kelulusan siswa di akhir jenjang. Kriteria tersebut yakni menyelesaikan program pendidikan, memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik dan terakhir, menyelesaikan ujian dan penugasan.

Bacaan Lainnya

“Untuk penilaian kelulusan tahun ini masih sama dengan tahun kemarin. Syaratnya berupa portofolio dengan menggunakan nilai rapor lima semester, sementara nilai semester genap terakhir bisa digunakan sebagai penambah nilai. Sementara itu sekolah juga diberi keleluasaan untuk membuat penugasan bagi siswanya,” katanya saat ditemui hestek.id, Kamis (18/2/2021).

Irawati mengungkapkan, kebijakan peniadaan UN merujuk pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

“Kami masih menunggu juknis lanjutan, tapi kalau saya baca dari media masa masih tidak jauh beda dari tahun kemarin,” ujarnya.

Disinggung soal Asesmen Nasional (AN), Irawati mengatakan, sejauh ini masih berupa sosialisi dan masih menunggu keputusan pusat untuk pelaksanaanya.

“Untuk Asesmen Nasional ada surat dari Pak Menteri ternyata ditunda. Perlu diketahui bahawa AN bukanlah pengganti UN. Asesmen dilaksanakan untuk mengevaluasi sistem pendidikan secara menyeluruh, bukan hanya siswa saja,” terangnya. (CR2)

Pos terkait