Tak Perlu Lagi ke Cilacap, Ini 10 Pelayanan Keimigrasian yang Sekarang Bisa Dilayani di MPP Banyumas

  • Whatsapp
Gerai Kantor Imigrasi Kelas II Cilacap di MPP Banyumas. HESTEK/Istimewa

PURWOKERTO, hestek.id – Dibukanya pelayanan keimigrasian di Mall Pelayanan Publik (MPP) Banyumas, mendapat respon baik dari masyarakat. Mulanya hanya melayani pengurusan paspor untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI), kini MPP memberikan kemudahan lainnya.

“Atas dukungan kantor imigrasi Cilacap dan Kakanwil, sekarang tidak hanya paspor tetapi juga bisa sampai pelayanan izin tinggal untuk warga negara asing,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banyumas, Amrin Maruf.

Bacaan Lainnya

Ia merinci, secara keseluruhan ada 10 jenis pelayanan keimigrasian yang bisa dimanfaatkan di MPP. Seperti Perpanjangan visa on arrival, perpanjangan izin tinggal, pemberian dan perpanjangan ijin tinggal terbatas (ITAS) dan ijin tinggal tetap (ITAP), Pelaporan izin tinggal tetap tak terbatas, dan multiple reentry permit.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

“Selain itu juga ada pelayanan alih status ITK ke ITAS dan ITAS ke ITAP, alih jabatan ITAS/ITAP, alih penjaminan, pendaftaran anak warga negara ganda, dan penerbitan fasilitas keimigrasian,” katanya.

Seperti halnya pelayanan keimigrasian, MPP juga menyediakan puluhan pelayanan dalam satu tempat. Ini menjadi yang pertama di Jawa Tengah dan menjadi salah satu bentuk barometer pelayanan publik.

“MPP sudah sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Seperti keimigrasian, Masyarakat Banyumas yang selama ini harus ke Cilacap kini cukup datang ke MPP

Kepala Kantor Imigrasi Cilacap, Yoga Ananto Putra mengatakan, adanya pelayanan ini juga menjadi bentuk bagaimana antar instansi bisa bersinergi dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Pelayanan keimigrasian di MPP Banyumas adalah kesepemahaman bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas untuk memudahkan masyarakat,” katanya.

Masyarakat Banyumas tidak perlu lagi mengeluarkan biaya dan waktu lebih banyak saat mengurus hal-hal terkait keimigrasian.

“Setiap hari buka di jam kerja, dan untuk satu kali dalam sebulan kami juga buka, untuk mengantisipasi masyarakat yang belum sempat atau sibuk pada hari-hari kerja,” katanya.

Ia berpesan, selain menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti kartu identitas, kartu keluarga, dan dokumen lainnya masyarakat saat datang ke MPP juga harus berpakaian formal. Karena dibutuhkan pemotretan di MPP.

“Selama ini, respon dari masyarakat bagus. Setiap bulannya kami bisa menerbitakan 30 an paspor. Semoga kemudahan pelayanan ini bisa terus dirasakan manfaatnya,” katanya. (Anas Masruri)

Pos terkait