Tanah Bergerak di Arenan, Warga Ketakutan dan Mengungsi

  • Whatsapp

PURBALINGGA, HESTEK.ID – Fenomena tanah bergerak melanda Desa Arenan, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga, Minggu (13/12/2020). Sedikitnya 10 rumah di RT 03 RW 05 Dusun Guntur terancam akibat bencana tersebut.

Tak hanya rumah, areal perkebunan warga dan jalan desa juga rusak karena tanah di sekitar lokasi amblas hingga kedalaman 1,5 meter.

Koordinator Lapangan Pramuka Peduli Bencana Kabupaten Purbalingga, Edi Susanto mengatakan, tanah bergerak pertama kali dirasakan warga pada dini hari.

“Tanah gerak ini diduga dipicu oleh hujan deras. Tanah kebun amblas sekitar 1 hingga 1,5 meter. Ada 10 rumah yang terancam,” katanya.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Dari 10 rumah, lanjut Edi, dua diantaranya rusak berat dan dua lainnya retak dinding di bagian dapur. Saat ini, sejumlah warga yang terdampak mulai mengungsi ke rumah kerabat yang tak terdampak.

“Warga tiga rumah sudah mengungsi di tempat saudara, kerugian belum bisa ditaksir,” ujarnya.

Edi menambahkan, fasilitas umum seperti jalan yang menghubungkan Dusun Guntur dengan Balai Desa Arenan juga terputus.

Pasalnya, jalan desa tersebut amblas dengan kedalaman 1,5 meter. Akibatnya, kendaraan bermotor kesulitan untuk melintas dan menjangkau lokasi.

“Pantauan kami, tanah yang sudah retak masih terus bergerak, kami khawatir dampaknya semakin parah jika hujan kembali turun,” pungkasnya. (bal)

Pos terkait