Vaksinasi Januari Dipastikan Mundur

  • Whatsapp
Ilustrasi tenaga kesehatan penerima Vaksin Sinovac tahap pertama.

PURWOKERTO, hestek.id- Vaksinasi Covid-19 di Banyumas yang dijadwalkan bakal bergulir mulai besok, Kamis (14/01/2021) dipastikan batal. Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein membenarkan kabar ini.

“Banyumas nggak masuk fase pertama. Di Jawa Tengah yang masuk itu daerah Semarang dan sekitarnya. Yang hitam (zonasi covid, red),” kata Husein saat ditemui hestek.id, Selasa (12/01/2021) malam lalu.

Bacaan Lainnya

Husein mengatakan, Banyumas kemungkinan besar akan masuk fase kedua vaksinasi. Yakni, pada bulan Februari mendatang. Meski demikian, ia belum mendapatkan kabar terkait tanggal mulainya vaksinasi fase kedua tersebut.

“Tanggal ditentukan oleh Kementerian Kesehatan,” ujar dia.

Orang nomor satu di Banyumas ini juga mengaku baru mengetahui informasi tersebut dari Dinas Kesehatan. Namun, ia memastikan, kesiapan Banyumas untuk menjalankan vaksinasi sudah hampir 100 persen.

Ia juga menegaskan, sosialiasai sudah digencarkan di beberapa pekan terakhir. Jajarannya juga mengedukasi publik soal vaksin.

Yang paling ditekankan oleh Bupati adalah upaya untuk meminimalisir ketakutan publik terhadap vaksinasi. Salah satunya adalah menyosialisasikan efek vaksinasi.

“Yang jelas, gejala (pascavaksinasi, red) cuma ngantuk. Sebagian kecil ada yang lemah letih, kalau yang sampai menggigil itu sedikit sekali,” ujar dia.

Husein juga meminta semua elemen masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi ini. (anas masruri)

Pos terkait