Vaksinasi Tahap Pertama Banyumas ‘Ora Rampung-rampung’

  • Whatsapp
Petugas sedang menurunkan vaksin Sinovac untuk Banyumas saat program vaksinasi tahap pertama, Minggu (24/1/2021) lalu. HESTEK/Anas

BANYUMAS, hestek.id – Program vaksiniasi masal untuk tenaga kesehatan (nakes) di Banyumas masih belum rampung. Target awal yang dipatok selesai dalam empat hari ternyata tidak dapat terealisasi karena berbagai faktor.

“Dari 9.574 nakes yang terdaftar di tahap pertama, baru sekitar 74 persen yang sudah tervaksin,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas, Sadiyanto, Jumat (29/1/2021).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, sisa kuota akan dirampungkan secara bertahap, menyesuaikan jadwal pelayanan kepada masyarakat umum.

“Mayoritas yang belum selesai itu kan dari rumah sakit yang nakesnya banyak, karena mereka kan mendahulukan pelayan kesehatan kepada masyarakat. Sehingga penyuntikan perharinya menyesuaikan dengan jadwal pelayanan,” kata Sadiyanto.

Selain penyesuaian jadwal pelayanan, beberapa nakes yang terdaftar juga ada yang tidak lolos screening awal. Walhasil, bisa dipastikan vaksinasi tahap pertama ini tidak akan tercapai 100 persen.

“Dari target 9.574 nakes, beberapa ada yang tidak lolos screening awal, ada yang tidak memenuhi syarat karena penyakit tertentu, ada juga yang ternyata hamil,” kata dia.

Meski demikian, Sadiyanto memastikan program vaksiniasi akan terus dilanjutkan hingga mayoritas nakes yang terdaftar tervaksin.

“Ya yang penting kan mayoritas yang terdaftar selesai semua. Bertahap lah yang penting semua berjalan lancar dan tidak mempengaruhi kualitas pelayanan ke masyarakat,” pungkasnya. (CR2)

Pos terkait