Waduk Mrica Dikuras, Warga Bantaran Serayu Diimbau Waspada

  • Whatsapp
Debit air di Serayu mengalami kenaikan drastis sejak datang musim penghujan.

PURWOKERTO, HESTEK.ID-Masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Serayu, diimbau untuk waspada. Pasalnya, debit air dipastikan naik menyusul pengurasan Waduk Mrica di Banjarnegara.

Peringatan tersebut, dikeluarkan oleh PT Indonesia Power selaku pengelola Pembangkit Mrica PLTA Panglima Besar Soedirman, Banjarnegara, melalui surat resmi yang ditujukan kepada kepala daerah yang wilayahnya dilalui aliran Sungai Serayu, Rabu (16/12/2020).

Bacaan Lainnya

Informasi tersebut, kemudian disebarkan oleh Bupati Banyumas, Achmad Husein, melalui unggahan di akun Instagram-nya @ir_achmadhusein.

Dalam unggahan tersebut, diinformasikan bahwa pengelola bakal melakukan kegiatan pemeliharaan waduk dengan flushing untuk membersihkan sampah dan tumpukan sedimen akibat banjir pada 1-4 Desember 2020 lalu.

“Untuk yang bekerja di aliran Sungai Serayu, ada berita bahwa mulai hari ini-selesai (bisa 10 hari) Waduk Mrica akan melakukan kegiatan flushing. Sehingga aliran sungai secara mendadak bisa terjadi perubahan volume dan kecepatan serta keruh,” tulis bupati.

Sesuai arahan PT Indonesia Power, bupati mengimbau masyarakat yang bekerja di sekitar aliran sungai untuk lebih berhati-hati.

“Kita akan mengikuti perkembangan dan memantau early warning yang sudah dipasang PT Indonesia Power. Sejauh ini kondisi Sungai Serayu, masih normal,” kata bupati. (enq)


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Pos terkait