BABEL, Hestek.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), terus melakukan pengawasan terhadap bahan pangan yang ada di Babel. Bahkan di Hari Pertama Puasa Ramadhan 1440 H, Wakil Gubernur (Wagub), Abdul Fatah bersama Kapolda Babel Istinono dan Tim Satgas Pangan Babel, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Tradisional di Pangkalpinang.

Sidak yang dilaksanakan Senin (6/5/2019) pagi tersebut, adalah ke Pasar Pagi dan Pasar Pembangunan.

Sidak dalam rangka Pengendalian Stabilitas Harga dan Pasokan Bahan Pangan pada di Bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H itu, dimulai dari Pasar Pagi.

Didampingi Sekda Babel Yan Megawandi dan Tim Satgas Pangan, Wagub dan Kapolda memulai sidak ke pedagang yang menjual bahan pangan seperti Beras, Minyak Goreng Gula, Bawang, sayur mayur.

Dari situ, Wagub dan Kapolda menyasar pedagang daging Ayam Negeri yang lapaknya tidak jauh dari toko beras dan lainnya itu. Bersama Tim Satgas, Wagub dan Kapolda melanjutkan inspeksi ke pedagang daging Sapi.

Selesai dari Pasar Pagi, Wagub dan Kapolda didampingi Tim Satgas Pangan, juga melakukan hal serupa di Pasar Pembangunan Pangkalpinang.

Disela-sela Sidak, Wagub mengatakan di Pasar Pagi dan Pasar Pembangunan, harga bahan pangan masih stabil dan sesuai dengan harga eceran tertinggi yang telah ditentukan pemerintah.

“Kita sudah melakukan pengawasan minggu lalu, dan sekarang juga kita lakukan. Harga masih rata – rata di harga  eceran tertinggi (HET),” jelas Abdul Fatah.

Terkait dengan ada kekurangan pasokan bawang putih dan harganya tinggi, Wagub mengungkapkan, melalui distributor bawang putih akan melakukan pengiriman bawang putih dari luar daerah ke Babel, sehingga kebutuhan bawang putih dapat terpenuhi, dan harga yang selama ini tinggi diharapkan dapat disesuaikan.

“Diharapkan pada sore hari ataupun malam hari nanti, bawang putih akan sampai disini (Pangkalpinang),” kata Wagub Abdul Fatah.

Oleh karena itu, menurut Wagub, dengan adanya sidak ini, diharapkan pasokan bahan pangan dan kebutuhan pokok pada saat bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran nanti dapat terpenuhi, serta harganya tetap stabil.

Wagub mengimbau kepada para pedagang dan pelaku usaha untuk tetap menjaga stabilitas harga bahan-bahan pokok, dan ketersediaan bahan-bahan pokok tersebut, agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

Selain itu, terkait dengan kebutuhan daging sapi untuk konsumsi masyarakat, Wagub memberikan pilihan untuk membeli daging beku yang ada di pasaran.

Kapolda Babel, Istiono juga mengatakan, sidak ini dilakukan untuk mengecek kebutuhan pokok pada awal bulan puasa, apakah harga harga yang ada dipasaran sesuai standar, sekaligus  memastikan kebutuhan pokok di pasaran tersedia.

Kapolda juga menyebutkan, harga daging ayam bulat rata-rata perkilo 34 ribu rupiah, sesuai dengan HET,   begitu pula dengan harga daging sapi di harga 120 ribu rupiah perkilo.

Pada kesempatan itu, Kapolda mengharapkan, dengan adanya sinergitas antara Pemprov dengan Polda Babel serta Tim Satgas Pangan, dapat melakukan pengawasan lebih intensif dalam menjaga harga harga bahan pokok supaya tetap stabil.

“Sinergitas ini terus kita pelihara, dan pertengahan bulan ini juga akan kita lakukan pengawasan ke lapangan,” tambah Kapolda.

Selain Sekda, turut serta dalam sidak tersebut, Asisten Setda Babel Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Yanuar, Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi, Kepala Dinas Pangan, Ahmad Damiri, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel, Sunardi beserta pejabat terkait lainnya.