Wajib Tunjukkan Rapid Test Antigen, Satgas akan Razia ke Rumah Pemudik di Purbalingga

  • Whatsapp

PURBALINGGA, hestek.id- Bagi Anda yang berencana mudik ke wilayah Purbalingga sebaiknya mempersiapkan hasil rapid test antigen. Sebab, Satuan Petugas (Satgas) Covid-19 tingkat kecamatan dan desa akan melakukan razia ke rumah yang diduga terdapat pemudik.

“Harus dicek apakah yang bersangkutan sudah melakukan rapid test apa belum. Kalau belum, kewajiban Puskesmas untuk melakukan rapid test, baik antibodi maupun antigen didampingi satgas desa,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Hanung Wikantono, Selasa (29/12/2020).

Bacaan Lainnya

Hanung memprediksi, momen libur natal dan tahun baru akan banyak pemudik pulang kampung ke Purbalingga. Untuk itu diperlukan kesadaran dan kerjasama dari semua pihak agar tidak ada ledakan jumlah penderita Covid-19 di awal 2021.

“Apabila reaktif maka harus isolasi mandiri,” ujarnya.

Hanung menambahkan, selain satgas desa, program jogo tonggo juga harus bisa benar-benar dipraktikkan. Selama masa liburan nataru, petugas kesehatan juga ikut berperan di pos-pos kesehatan.

Disamping itu, petugas puskesmas juga melakukan sampling tes rapid di sejumlah objek wisata setempat.

“Teman-teman puskesmas yang di wilayahnya ada tempat wisata diminta melakukan sampling test secara berkala,” kata dia. (iqbal fahmi)

Pos terkait