Warung Gratis Layani Warga Kampung Rahayu Saat ‘Jateng di Rumah Saja’

  • Whatsapp
Relawan warung gratis PSDK UMP membungkus makanan yang disediakan untuk warga di Kampung Sri Rahayu. HESTEK.ID/bayu noer

PURWOKERTO, hestek.id – Dua ribu lebih bungkus makan disediakan untuk warga terdampak pandemi di Kampung Sri Rahayu, Kelurahan Karangklesem, selama dua hari atau pada masa Gerakan Jateng di Rumah Saja, 6-7 Februari 2021.

Ribuan porsi makanan itu, disediakan oleh Warung Makan Gratis Kampung Rahayu yang diinisaisi Pusat Studi Dakwah Komunitas (PSDK) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), yang berlokasi di Kampung Sri Rahayu.

Bacaan Lainnya

Bukan tanpa alasan, latar belakang Kampung Sri Rahayu yang selama ini lekat dengan imej pinggiran memang dihuni oleh warga dari berbagai latar belakang sosial ekonomi. Dapat disebut, dengan adanya gerakan di rumah saja, mayoritas warga terkena dampaknya, karena tak dapat beraktivitas mencari nafkah seperti biasa.

Yuni, warga Kampung Sri Rahayu mengungkapkan rasa syukurnya karena keberadaan warung tersebut dapat meringankan bebannya. Apalagi, ia yang selama ini merasakan dampak berat dari pandemi ini merasa perekonomiannya semakin melorot.

“Terimakasih, Saya dapat empat bungkus untuk keluarga di rumah. Sehari-hari saya berjualan, tapi semakin hari semakin sepi. Dengan adanya warung ini, kami sangat terbantu,” katanya.

Rektor UMP, Jebul Suroso mengatakan, warung gratis ini adalah gerakan kemanusiaan gotong royong mengetuk hati seluruh masyarakat Indonesia yang diawali dari Banyumas.

“UMP bersama PSDK dan para donatur, memfasilitasi warga terdampak pandemi, khususnya yang pada saat ini terkendala kebutuhan dasar makanan untuk menghadapi Covid 19. Apalagi Jawa Tengah dengan gerakan 6-7 Februari di rumah saja,” ujar Jebul. (Bayu Noer)


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Pos terkait