JAKARTA, HESTEK.id – Wasit Indonesia, Thoriq Alkatiri mendapat kepercayaan untuk memimpin pertandingan antara Shanghai SIPG kontra Melbroune Victory di ajang Liga Champions Asia. Pertandingan tersebut akan berlangsung pada 20 Februari 2018 di Shanghai Stadium China.

“Thoriq Alkatiri akan bertugas di Liga Champions Asia di China,” ungkap Asep Saputra match commissioner Indonesia yang belum lama ini bertugas di final Piala Asia U-23 seperti dilansir BolaSport.

Selain laga antara Shanghai SIPG vs Melbroune Victory, dikabarkan pula bila Thoriq akan bertugas pula di Jepang walau belum ada kepastian hal tersebut.

Profil Wasit Thoriq Alkatiri

Thoriq Alkatiri adalah salah satu dari enam wasit Indonesia yang berlisensi FIFA. Jejak kepemimpinan Thoriq di berbagai pertandingan di Indonesia terbilang gemilang. Ia kerap mendapat gelar sebagai wasit terbaik di kompetisi tanah air. Salah satunya pada Kompetisi ISL 2014 dengan menjadi Wasit terbaik ISL dan juga Wasit Terbaik Piala Sudirman 2016.

Malik Alkatiri berhasil lulus ujian wasit yang diselenggarakan oleh FIFA di Brunei Darussalam pada Februari 2014 lalu.

Pertama kali mengawali karirnya sebagai pemain sepakbola. Thoriq sempat bermain di Piala Suratin U-17 mewakili Purwakarta. Sayang, karirnya sebagai seorang pemain terpaksa harus terhenti lebih awal karena cedera.

Ia kemudian memilih menjadi wasit. Kursus wasit pertamanya pada 2006 di Sukabumi. Setelah melewati berbagai tahapan kursus, Thoriq mulai mendapat kepercayaan memimpin laga Divisi II. Selanjutnya dia naik ke Divisi I sampai akhirnya mendapat kesempatan di Divisi Utama.

Ia mengawali karir wasitnya di Divisi Utama pada 2012 lalu dan menjadi wasit termuda yang memimpin kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia.

Biodata Thoriq Alkatiri

Nama Lengkap : Thoriq Alkatiri
Tempat/Tanggal Lahir : Purwakarta, 19 November 1988
Pendidikan : Universitas Pendidikan Indonesia