1.146 Calon Haji di Banyumas, Diusulkan Masuk Prioritas Vaksinasi Tahap Kedua

  • Whatsapp
Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels

PURWOKERTO, hestek.id – Meski belum bisa dipastikan berangkat, Kemenag Banyumas bakal prioritaskan calon jemaah haji (calhaj) tahun ini mengikuti vaksinasi Covid-19.

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Banyumas, Purwanto Hendro Puspito mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di Banyumas mengikuti skema nasional. Calhaj yang berumur di atas 60 tahun, masuk kategori prioritas vaksinasi tahap kedua.

Bacaan Lainnya

“Vaksinasi ini sebagai bentuk antisipasi, jika pemerintah Arab Saudi membuka pemberangkatan ibadah haji tahun ini,” katanya, Jumat (12/3/2021).


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Untuk di Banyumas, Kemenag telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mendata calhaj lansia. Nantinya mereka akan disuntik vaksin, di fasilitas kesehatan terdekat.

“Saat ini belum dimulai, karena masih menunggu ketersediaan vaksin,” katanya.

Ia berharap, vaksinasi untuk calhaj ini bisa diprioritaskan. Sebagai kesiapan jika ada pemberangkatan, calhaj akan diasramakan mulai Juni 2021 mendatang.

“Vaksinasi dua dosis, harus berjeda satu bulan. Jadi harus diprioritaskan dulu,” katanya.

Menurutnya, calhaj Banyumas untuk tahun 2021 ini merupakan calhaj yang tahun lalu tidak jadi berangkat. Ada sebanyak 1.146 orang yang masuk kuota aman dan melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH).

Dari jumlah tersebut, sekira 44 persen di antaranya sudah berusia di atas 60 tahun dan diharapkan mereka sudah bisa divaksin akhir Maret ini. (Anas Masruri)

Pos terkait