Akhirnya Bumil di Banjarnegara Bisa Vaksin Covid-19. Ini Sederet Manfaatnya!

  • Whatsapp
(FOTO/IST/HESTEK)

BANJARNEGARA, hestek.id – Ibu hamil (bumil) di Kabupaten Banjarnegara saat ini sudah bisa mengakses layanan kesehatan terkait vaksinasi Covid-19. Menyusul launching vaksinasi untuk bumil yang dilaksanakan di RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara, Rabu (25/8/2021).
Pemberian vaksin Covid-19 ini diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Kesehatan yang didukung RSUD, RS swasta, PMI, BPBD, serta berapa organisasi kewanitaan di Banjarnegara.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara dr Latifa Hesti Purwaningtyas mengatakan, vaksinasi pada ibu hamil adalah sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dan memberikan kekebalan kepada ibu hamil serta bayinya. Juga untuk mengurangi gejala yang berat jika suatu saat tertular Covid-19. Jadi bisa melindungi janin dari kejadian lahir prematur, atau berat badan lahir rendah.
“Kita tahu bahwa pandemi belum berakhir. Maka salah satu upaya kita adalah melaksanakan protokol kesehatan dengan 5M dan melaksanakan vaksinasi. Untuk vaksinasi sudah kita lakukan dari bulan Januari sampai sekarang masih kita percepat, hari ini kita laksanakan launching di RSUD,” katanya.
Selanjutnya, ia melaporkan bahwa kegiatan ini sudah dilakukan mulai awal bulan ini di beberapa Puskesmas dan Rumah Sakit. Pihaknya mengharapkan kegiatan untuk vaksinasi ibu hamil di Kabupaten Banjarnegara bisa berjalan dengan baik.
“Dengan adanya vaksinasi kita harapkan ibu hamil tidak tertular Covid-19. Kita tau sejak pandemi bulan Maret tahun 2020 sudah ada 53 angka kematian ibu hamil sampai sekarang dan 30 diantaranya adalah karena Covid-19. Oleh karena itu kegiatan hari ini sangatlah penting,” tegasnya.
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono saat berdialog dengan para ibu hamil juga berharap, agar bumil bisa menyebarluaskan pentingnya vaksinasi untuk melindungi diri dari virus Corona.
“Tidak sakit kan? Ayo ajak yang lain untuk vaksin karena ini untuk kekebalan,” ajaknya.
Bupati juga meminta agar cakupan imunisasi semakin tinggi sehingga penularan Covid-19 di Kabupaten Banjarnegara bisa dicegah.
“Mohon edukasi dan dukungannya untuk kegiatan vaksinasi, tidak hanya untuk ibu hamil. Kecakupan vaksinasi untuk lansia di kabupaten kita juga masih sangat rendah. Kami berharap bapak ibu bisa membantu mengedukasi para lansia agar mau untuk dilakukan vaksinasi,” pintanya.(tha)

Pos terkait