Mengkhawatirkan! 305 Penghuni Lapas Nusakambangan, Terpapar Covid-19

  • Whatsapp
Picture from pexels @cottonbro

CILACAP, hestek.id – Ratusan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, terkonfirmasi terpapar Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap, dr Pramesti Griana Dewi merinci, total ada 305 orang terdiri atas 295 orang narapidana (napi), 11 orang pegawai Lapas dan tiga orang alumni Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) angkatan 51.

Bacaan Lainnya

Sebaran Covid-19 di Pulau Nusakambangan, pertama kali terdeteksi ketika tiga orang alumni Poltekip angkatan 51 terkonfirmasi positif Covid-19 pada 1 Maret 2021 lalu.

Pada tanggal 5 Maret 2021, dilakukan swab massal terhadap 87 orang. Hasilnya 15 orang positif Covid-19. Dari salah satu yang positif itu, kata Pramesti, ada yang kontak erat dengan petugas Lapas Kelas IIA Pasir Putih.

“Petugas yang kontak erat dengan yang bersangkutan melakukan swab antigen mandiri dan hasilnya tiga orang terkonfirmasi positif,” ujarnya, Selasa (23/3/2021).

Kemudia pada tanggal 6 Maret 2021 petugas berkoordinasi dengan Dinkes Cilacap karena ada yang kontak erat dengan alumni Poltekip. Tanggal 10 Maret 2021, kembali dilakukan swab terhadap 30 orang, 10 petugas dan 20 napi pindahan dari Lapas Gunung Sindur. Hasilnya 12 orang positif, empat orang napi dan delapan petugas.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

“Pada hari yang sama, kami juga melakukan swab terhadap 13 petugas dan napi Lapas Batu. Hasilnya, satu di antaranya positif Covid-19,” kata Pramesti.

Lebih lanjut Pramesti mengatakan, pihaknya kembali melakukan tracing di Lapas Terbuka pada 17 Maret karena beberapa napi mengalami anosmia atau kehilangan penciuman. Dari 53 orang yang diswab, hasilnya empat orang dinyatakan positif.

“Pada tanggal 12 Maret kami melakukan swab PCR terhadap 54 orang, hasilnya 34 orang dinyatakan positif Covid-19,” kata Pramesti.

Kemudian pada 18 Maret 2021, pihaknya melakukan tracing di Lapas Besi karena terdapat napi yang bergejala mirip Covid-19. Hasilnya dari 49 napi yang diswab antigen terdapat 33 napi yang positif.

Terakhir, Senin (22/3/2021) tim Labkesda dan Puskesmas melakukan swab antigen di Lapas Kembangn Kuning. Hasilnya 197 napi positif dan tiga petugas positif.

“Napi yang positif dikarantina dan diawasi dengan pemberian vitamin. Untuk pegawai dikarantina di rumah dinas masing-masing,” ujar Pramesti.

Untuk mengantisipasi penyebaran yang lebih luas, akses di pintu masuk penyeberangan Nusakambangan dibatasi dan diberlakukan protokol kesehatan ketat. (Dedy)

Pos terkait