Seorang Nakes di Cilacap Meninggal Usai Divaksin Covid-19, Ternyata Ini Penyebabnya

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, dr Pramesti Griana Dewi. HESTEK/Istimewa

CILACAP, hestek.id – Seorang tenaga kesehatan (nakes) di Cilacap, meninggal dunia usai divaksin Covid-19 beberapa waktu lalu.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap, dr Pramesti Griana Dewi, membenarkan kabar tersebut. Tetapi kata dia, nakes tersebut meninggal bukan karena disuntik vaksin Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Dokter penanggung jawabnya menyatakan, nakes itu meninggal akibat Dengue Shock Syndrome (DSS) atau demam berdarah,” kata dr Pramesti Griana Dewi melalui pesan singkat, Sabtu (6/2/2021).

Pramesti menjelaskan, nakes berjenis kelamin laki-laki itu sebelumnya sudah menjalani vaksinasi Covid-19 di RSUD Cilacap, tempatnya bertugas.

“Rabu 27 Januari 2021, dia disuntik vaksin Covid-19, di RSUD Cilacap. Kondisinya sehat dan tidak ada keluhan dan masuk kerja seperti biasa,” ujar Pramesti.

Selang beberapa hari kemudian, tepatnya Sabtu (30/1/2021) yang bersangkutan bertugas merujuk pasien ke RSUD Sardjito Yogyakarta.

“Sepulang dari Yogyakarta, badannya nggreges dan Minggu (31/1/2021) yang bersangkutan izin tidak masuk kerja,” kata Pramesti.

Kemudian Rabu (3/2/2021) yang bersangkutan masuk IGD RSUD Cilacap karena lemas dan BAB berwarna hitam.

“Saat itu langsung masuk ICU, trombositnya jauh di bawah normal dan langsung dilakukan transfusi trombosit,” ujar Pramesti.

Nakes tersebut akhirnya meninggal, Jumat (5/2/2021) sekitar pukul 07.00 WIB.

“Meninggalnya karena didiagnosa sementara, Dengue Shock Syndrome (Demam Berdarah). Jadi jelas, divaksinnya seminggu yang lalu dan penyakit tersebut tidak ada hubungannya dengan vaksinasi Covid19,” kata Pramesti. (Iqbal Fahmi)

Pos terkait